Peristiwa

BPBD Imbau Warga Sampang Antisipasi Banjir Susulan

SAMPANG, WartaMadura.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menghimbau warga antisipasi banjir susulan.

Meski genangan banjir di sebagian kawasan Sampang kota, sudah mulai surut, namun warga diimbau agar tetap waspada, Kamis (14/03/2024) sore.

“Jangan terburu-buru menurunkan barang yang sudah diamankan, karena intensitas hujan di Sampang utara masih tinggi,” imbau Kepala Pelaksana BPBD setempat, Candra Romadhani Amin, melalui staf TRC_nya.

Ia mengungkapkan, saat ini debit arus sungai kali kamoning juga masih dalam level merah.

“Jadi, bagi warga Sampang kota agar tetap waspada, karena dikhawatirkan terjadi banjir susulan,” pungkasnya.

Menurutnya, himbauan tersebut tidak hanya bagi warga Sampang kota, melainkan juga terhadap warga Kecamatan Tambelangan dan Jrengik.

“Diimbau, bagi seluruh warga Sampang agar tetap waspada, karena selama musim penghujan, rawan terjadi bencana alam,” imbuhnya.

Untuk diketahui, banjir terjadi disebabkan meluapnya sungai kamoning, sehingga merendam pemukiman warga dan perkantoran.

Tidak hanya itu, akibat bencana banjir tersebut, arus lalu lintas di kawasan Sampang kota lumpuh total.

Sementara itu, Muhammad Hozin Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD setempat menambahkan, cuaca di Sampang kurang membaik dan rawan bencana.

“Diimbau kepada masyarakat, agar tetap waspada dan berhati-hati, apabila terjadi hujan disertai angin kencang dan banjir,” imbaunya.

Kendati demikian, imbuh Hozin, apabila terjadi bencana alam, masyarakat bisa menghubungi tim BPBD Sampang.

“Kami terapkan Layanan Cepat Tanggap Darurat Bencana (Lanceng Daruna), atau bisa menghubungi ke emergency call ; 081703224440 – 082331418580,” terangnya. (rom)

Show More

Related Articles

Back to top button