Berita

Tabarukan meminum susu diawal bulan Muharram

Islam memiliki kalender tahunnya sendiri beda dengan tahun Masehi yang mana perhitungan awal tahun nya di mulai dari bulan muharram atau di kenal oleh masyarakat Jawa dengan sebutan bulan suro.

Perhitungan tahun tersebut di ambil dari Hijrah nya nabi muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Maka dari itu di kenal dengan sebutan Tahun Hijriyah.

Dengan demikian setiap datang bulan muharram maka Ummat islam akan merayakannya dengan ibadah, doa, puasa dan Tabarrukan ( mengambil berkah), dengan tujuan supaya mendapatkan keselamatan selama setahun.
Ada beberapa hal Tabarrukan yang di lakukan di pondok Ma’had Darut Tauhid (MADAD) asuhan abuya Saiful Maslul madura, hal tersebut di lakukan karena Tafa’ulan dan mengambil berkah kepada maha guru abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi al- malikiy ( Mekah) yang mana setiap tanggal 1 bulan muharram beliau meminum susu putih bersama para santri nya dengan niat Tafa’ ulan mengambil berkah supaya orang yang meminum jiwa dan rohaninya bersih putih seperti susu tersebut. sebelum meminum susu tersebut di anjurkan membaca doa sebagaimana berikut:
ُ اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ، وَزِدْنَا مِنْه
Artinya: ya allah berkahilah minuman kami dan tambahkanlah darinya (rezeki ) pada kami.

(Ustad Anggawi)

Sumber keterangan:
Tausyiah dan anjuran dari Kiyai saiful Maslul pengasuh MADAD

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button