Daerah

Musyawarah Pemdes Temoran, Fokus Penyusunan dan Penetapan APBDes

SAMPANG, WartaMadura.id – Sesuai dengan regulasinya bahwa desa harus menyusun Peraturan Desa (Perdes), tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2024.

APBDes merupakan turunan dari Perdes yang sebelumnya sudah disahkan. Maka dari itu, Pemerintah Desa Temoran, Omben, Sampang, menggelar musyawarah tentang penyusunan dan penetapan APBDes.

Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan di kediaman PJ Kepala Desa setempat, dihadiri perwakilan Pemerintah Kecamatan Omben dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

Selain itu, dalam musdes yang berlangsung cukup khidmat tersebut, diikuti seluruh perangkat desa, karang taruna, tokoh masyarakat dan pendamping desa setempat, Rabu (07/02/2024).

PJ Kepala Desa Temoran Rizky Amelia menyampaikan, sebelumnya ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam perencanaan hingga penetapan APBDes.

“Diharapkan dengan musdes penetapan ini akan menjadi acuan rencana kerja di tahun 2024. Walaupun, akan ada penyesuaian anggaran pembangunan yang dialokasikan untuk desa,” tandasnya.

Menurut Amelia, hal tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ditentukan Pemerintah pusat. Dalam pandangan umum, setiap kegiatan harus benar-benar berasal dari aspirasi masyarakat.

“Diantaranya, melalui musyawarah di tingkat dusun dan berdasarkan kebutuhan masyarakat, bukan atas kepentingan beberapa golongan,” tandas Amelia kepada awak media ini.

Oleh karena itu, imbuh Amelia, musdes APBdes ini wajib untuk dilaksanakan, karena jika tidak dilaksanakan, maka tidak akan bisa melanjutkan proses selanjutnya yaitu ditetapkan menjadi APBDes.

“Terima kasih yang telah hadir, sudah saatnya masyarakat memberi usulan di dalam kegiatan ini, usulan positif dan membangun, supaya Desa Temoran lebih maju lagi dari tahun sebelumnya,” ucap Amelia.

Ia menambahkan, dalam penyusunan APBDes, diperlukan persiapan-persiapan cukup matang, untuk menentukan bidang mana yang prioritas. Tentunya, tidak mudah memenuhi semua keinginan masyarakat.

“Tapi paling tidak kita akan mendahului usulan prioritas yang lebih dibutuhkan. Saya berharap kedepannya, agar bisa saling bekerjasama untuk menyempurnakan APBDes ditahun berikutnya,” pungkas Amelia. (rom)

Show More

Related Articles

Back to top button