Daerah

BLT DBHCHT di Sumenep Cair Akhir November 2023

SUMENEP, WartaMadura.id – Dinas Sosial P3A Sumenep, Madura, akan segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“BLT DBHCHT bagi buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau. Insha Allah akhir bulan November akan disalurkan,” ujar Kepala Dinsos P3A Sumenep, Achmad Dzulkarnaen.

Ia menjelaskan, bantuan sebesar Rp 2,8 miliar dari DBHCHT tahun 2023 tersebut, akan dialokasikan untuk kesejahteraan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok.

“Karena regulasinya memang demikian,” ujar Dzulkarnain kepada awak media, Selasa (21/11).

Sosok Kadinsos pemimpin melenial itu memastikan, tidak ada manipulasi data terkait penyaluran BLT DBHCHT.

“Data untuk buruh pabrik rokok diterima dari DPMPTSP dan Naker. Sementara, untuk buruh tani tembakau, datanya dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,” jelas Dzulkarnaen.

Menurut Dzulkarnaen, total calon penerima BLT DBHCHT tahun 2023 sejumlah 3150 PKH, meliputi 1000 buruh tani tembakau, dan 2150 untuk buruh pabrik rokok.

“Masing-masing penerima bantuan akan mendapatkan Rp 900 ribu secara akumulatif, terhitung dari bulan September hingga November 2023,” ucap Dzulkarnaen.

Untuk penyalurannya, akan dilakukan melalui Bank BPRS Bhakti Sumekar. Ia berharap, bantuan BLT DBHCHT tersebut, dapat memberikan manfaat kepada masing-masing penerima.

“Semoga penyaluran BLT DBHCHT nanti dapat berjalan sukses, sehingga bisa meringankan beban ekonomi penerima,” pungkas Dzulkarnaen. (red)

Show More

Related Articles

Back to top button