Daerah

Pemkab Sumenep Luncurkan SiKaPal Untuk Nelayan

SUMENEP, WartaMadura.id – Berbagai inovasi diluncurkan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Salah satunya inovasi Sistem Keamanan Pelayaran (SiKaPal) yang digagas Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Bahkan, sukses mendapat apresiasi lantaran inovatif dan inspiratif.

“Inovasi SiKaPal lahir dari kecemasan, setelah mengetahui evakuasi korban kecelakaan laut yang lambat, ditambah titik lokasi kecelakaan tak diketahui,” ujar Fauzi, Senin (18/09/2023).

Kecemasan akhirnya terjawab, kata Fauzi, setelah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menciptakan alat pendeteksi lokasi kecelakaan laut yang diberi nama SiKaPal.

“Sumenep memiliki banyak pulau dan sebagian besar warganya mengais rezeki dari melaut, sehingga keberadaan SiKaPal diharap bisa menekan korban kecelakaan laut yang menimpa warganya,” ungkap Fauzi.

Karena itu, imbuh Fauzi, sejak SiKaPal resmi diluncurkan pada Juli 2023. Ada 20 alat SiKaPal yang diberikan kepada perahu nelayan atau kapal rakyat.

“Ini tahap awal, perkembangan berikutnya alat SiKaPal akan ditambah setelah berkoordinasi dengan sejumlah kepala desa yang memiliki wilayah laut,” ujar Fauzi.

Menurutnya, alat SiKaPal dipasang di perahu nelayan, jika terjadi kecelakaan laut, otomatis memberi informasi lokasi kecelakaan ke Call Center 112 (posko pelayanan kedaruratan Sumenep).

“Dari posko Call Center diteruskan ke Basarnas dan instansi terdekat,” terangnya. (red)

Show More

Related Articles

Back to top button