Berita

Peduli Pendidikan Fradiksi IAIN Madura berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Pamekasan

PAMEKASAN,
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kepengurusan Bidikmisi IAIN Madura, yang dikenal dengan nama Fradiksi IAIN Madura, mencetuskan sebuah inisiatif besar yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan.

Kolaborasi ini terwujud dalam program bertajuk Social Inspiration of Fradiksi (SIF). Program SIF bertujuan untuk menginspirasi dan mendukung pendidikan di kalangan masyarakat Pamekasan.

Kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan ini sengaja melibatkan para mahasiswa penerima KIP-Kuliah dari IAIN Madura, Rabu (03/7/2024).

Program ini dilakukan dengan bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, terutama dalam sektor pendidikan, melalui berbagai kegiatan sosial dan edukatif.

Hal itu dikatakan oleh Ketua umum Fradiksi IAIN Madura, Moh. Wasil Haqqullah menjelaskan bahwa inisiatif ini berawal dari keinginan para mahasiswa dari inisiatif tentunya sangat kokoh dengan tujuan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam proses pengabdian dan berimplikasi baik untuk masyarakat sekitar kampus setelah proses pengabdian dilaksanakan.

“Kami melihat adanya potensi besar dalam diri para mahasiswa penerima KIP-Kuliah untuk menjadi agen perubahan. Dengan melalui program SIF, kami ingin mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku kuliah untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Pamekasan,” ujarnya Moh. Wasil Haqqullah.

Melalui program SIF ini akan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, seperti bimbingan belajar bagi siswa, penyuluhan pendidikan, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat terjalin sinergi yang baik antara dunia pendidikan tinggi dan pendidikan dasar serta menengah di Pamekasan.

Program ini diharapkan tidak hanya membawa manfaat bagi para peserta didik di Pamekasan, tetapi juga memperkaya pengalaman dan keterampilan para mahasiswa KIP-Kuliah dalam bidang sosial dan pendidikan. “Kami berharap program ini dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya untuk turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” pungkasnya Wasil Haqqullah.

Sementara dari pihak dinas pendidikan kabupaten Pamekasan sendiri menyambut baik inisiatif dari para mahasiswa. Seperti yang di sampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan, Akhmad Zaini, M.Pd, M.HP kepada awak media mengatakan, dirinya sangt senang ketika dari mahasiswa melibatkan pihak dinas Pendidikan Pamekasan dalam program kerja yang outputnya melibatkan pengembangan sumber daya manusia di sektor pendidikan, apalagi di lokasi terpencil.

“Pihaknya sangat senang dan mengapresiasi kepada para mahasiswa dari Fradiksi IAIN Madura ini yang telah berkolaborasi dengan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pamekasan yang memiliki tujuan pengembangan sumber daya manusia di sektor pendidikan terlebih di lokasi terpencil,” tukasnya Zaini Kadispendidika.

Menurutnya, dengan semangat kolaborasi dan inovasi dari Fradiksi IAIN Madura bersama dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pamekasan ini berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Pamekasan melalui berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat.

Show More

Related Articles

Back to top button