Daerah

Pemdes Temoran Gelar Pelatihan Cocok Tanam Padi Unggulan

SAMPANG, WartaMadura.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Temoran, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, menggelar pelatihan cocok tanam padi bagi kelompok tani, Sabtu (24/02/2024).

Pelatihan yang dikemas dalam pemilihan bibit padi unggul, dihadiri perwakilan Pemerintah Kecamatan setempat, Koramil, Kelompok Tani (Poktan) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

PJ Kepala Desa Temoran Rizky Amelia mengatakan, pelatihan tersebut untuk mengedukasi Poktan, untuk program ketahanan pangan masyarakat.

“Ketahanan pangan yang kita inginkan, dapat terpenuhinya pangan bagi setiap masyarakat desa yang mayoritasnya bertani,” ujarnya.

Maka, dengan adanya pelatihan pemilihan bibit padi unggul untuk cocok tanam, dapat menghasilkan tanaman padi yang bagus, dan dapat mencukupi pangan.

“Sehingga, dari hasil tanaman padi bermutu, aman dan bergizi,” ucap Rizky, usai pelatihan tanam padi.

Selain itu, pelatihan tanam padi bagi Poktan, juga dimaksudkan untuk meningkatkan hasil pertanian yang cocok di desa, dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Pemerintah Desa memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian, guna menghasilkan hasil pertanian yang cocok bagi warga Desa Temoran,” tandasnya.

Meski demikian, mengharapkan agar setiap Poktan dapat memanfaatkan lahan persawahan dengan baik, serta pekarangan bisa untuk tanaman pangan.

“Selain tanaman di pekarangan, juga bisa memelihara berbagai jenis hewan, sehingga pekarangan dapat dikatakan sebagai ekosistem pertanian,” jelasnya.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Pertanian Omben, Arief menjelaskan, tentang fase vegetatif dan fase generatif padi.

“Fase vegetatif padi adalah masa dimana bibit padi mulai tumbuh, hingga sampai masa reproduksinya,” jelasnya.

Cara merawat tanaman padi di fase awal ini, ungkap Arief, difokuskan pada pertumbuhan akar, batang serta daun.

“Fase vegetatif mencakup juga masa pembentukan dan pertumbuhan yang terjadi pada anakan padi,” jelasnya.

Sedangkan fase generatif tanaman padi, imbuh Arief, adalah masa pertumbuhan reproduksi tanaman dimulai.

“Fokus perawatan padi di fase ini, yaitu pada organ reproduksinya, contohnya bunga dan buah,” pungkasnya. (rom)

Show More

Related Articles

Back to top button