RagamDaerah

Semarak Kemerdekaan RI Ke-78, Pemdes Madulang Jaring Santri Bermultitalenta

SAMPANG • Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, menjadikan momen penting bagi Pemerintah Desa Madulang, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Yaitu menyemarakkan dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI pada tahun 2023 tersebut, dengan cara melaksanakan berbagai macam perlombaan, diikuti para santri madrasah di desa setempat.

Diantaranya lomba cerdas cermat dan lain-lainnya, dikemas dengan mengusung tema: Lomba Desa Masyarakat Madulang, dalam rangka semarak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Kemeriahan lomba tersebut terlihat, saat malam puncak diisi beberapa susunan acara, salah satunya pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah, serta diselingi tausiah agama, Jumat (25/08) malam.

Antusias masyarakat pun terlihat, saat wali santri madrasah hadir langsung, serta dihadiri anggota DPRD Sampang Amir Lubis, perwakilan Forkopimcam, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Burhan, ketua pelaksana acara mewakili Pemerintah Desa Madulang menyampaikan, acara tersebut sebagai malam puncak peringatan Hari Kemerdekaan RI yang diawali dengan aneka perlombaan.

“Untuk peserta lomba, memang diperuntukkan bagi kalangan santri madrasah yang ada di Desa Madulang, setiap madrasah mengikutsertakan beberapa perwakilan santrinya,” ujar Burhan.

Tujuannya, ungkap Burhan, selain memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, juga sebagai ajang mencari bibit santri bermultitalenta, serta dapat menjadikan inovasi bagi desa lain di Kecamatan Omben.

“Dengan adanya perlombaan seperti cerdas cermat, hal itu untuk mengasah para santri dalam dunia pendidikannya. Disitu kami bisa mengetahui bibit unggul santri Madulang,” tandasnya.

Kendati demikian, imbuh Burhan, dalam serangkaian acara lomba hingga malam puncak kemeriahan HUT Kemerdekaan ini, dijadikan contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Sampang.

“Tentunya, dengan adanya lomba sebelumnya, sebagai penyemangat
santri memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme. Kami berharap, santri Madulang berbakat dan bisa mengikuti lomba di tingkat Kecamatan atau Kabupaten,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, anggota DPRD Sampang Amir Lubis sangat mengapresiasi, adanya kegiatan malam puncak acara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 yang digelar Pemdes Madulang.

“Kami apresiasi, karena dalam acara yang berlangsung khidmat, dilaksanakan penyerahan hadiah bagi para santri Madulang yang memenangkan perlombaan dalam semarak HUT Kemerdekaan RI,” ucapnya.

Anggota legislatif dari fraksi partai Gerindra ini juga berharap, kolaborasi Pemdes Madulang dengan masyarakat dalam mensukseskan acara tersebut, dapat bermanfaat dan tidak berhenti disini, melainkan berkelanjutan. (red)

Show More

Related Articles

Back to top button